Kamis, 16 Mei 2013

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT.X


BAB 1

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Penelitian

             Di dalam suatu perusahaan, yang  selalu di utamakan adalah mengeluarkan modal yang sekecil-kecilnya dan mencari keuntungan yang sebesar-besarnya, agar  perusahaan mampu  berkembang dan dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang panjang. Dalam setiap kegiatannya selalu berhubungan dengan yang namanya modal kerja. sumber daya manusia (SDM),sumber daya alam (SDA), dan alat penunjang lainnya, seperti teknologi yang canggih, namun faktor yang paling penting adalah sumber daya manusianya (SDM),
            Kemudian karna adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,  maka tidak dapat di hindarkan adanya persaingan ketat dengan perusahaan lain, namun suatu perusahaan berkembang bila mampu mengoftimalkan sumber daya manusia (SDM) yang ada. Karena Manusia, dan hanya manusia satu-satunya, yang merupakan sumber organisasi yang tidak bisa di gantikan oleh teknologi apapun, bagaimana baiknya organisasi, lengkapnya sarana dan fasilitas kerja, semuanya tidak akan mempunyai arti tanpa adanya manusia yang mengatur, menggunakan dan memeliharanya, peranan manusia dalam suatu perusahaan tidak dapat di pisahkan karna maju mundurnya sebuah organisasi sangatlah di tentukan oleh peranan manusia.
Selain sumber daya manusia sebagai salah satu unsur yang sangat menentukan keberhasilan suatu organisasi, disisi lain juga sebagai makhluk yang mempunyai pikiran, perasaan, kebutuhan dan harapan-harapan tertentu. Hal ini sangat memerlukan perhatian tersendiri, karena faktor-faktor tersebut akan mempengaruhi prestasi, dedikasi dan loyalitas serta kecintaan terhadap pekerjaan dan organisasinya (Hasibuan, 1994)



Fungsi dari perusaan itu sendiri harus mampu mendorong  dan memungkinkan karyawan untuk meningkatkan, mengembangkan keterampilan serta kemampuan yang di miliki secara optimal agar yang menjadi tujuan perusahaan bisa tercapai dengan baik, dengan perbedaan  pandangan, tujuan, kebutuhan dan kemampuan yang berbeda satu sama lain. perbedaan ini akan terbawa dalam dunia kerja, yang akan menyebabkan kepuasan satu orang dengan yang lain berbeda pula, meskipun bekerja ditempat yang sama. Karakteristik individu tersebut meliputi : Kemampuan, nilai, sikap dan minat.
1. Kemampuan (ability)
Kemampuan (ability) adalah kapasitas seseorang individu untuk mengerjakan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan Robbins (2003). Dengan kata lain bahwa kemampuan (ability) merupakan fungsi dari pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill), sehingga formulanya adalah A : f (K.S).
2. Nilai
Menurut Robbin (2003), nilai seseorang didasarkan pada pekerjaan uang memuaskan, dapat dinikmati, hubungan dengan orang – orang, pengembangan intelektual dan waktu untuk keluarga.
3. Sikap (attitude)
Menurut Robbins (2003) sikap adalah pernyataan evaluatif-baik yang menguntungkan atau tidak menguntungkan-mengenai objek, orang, atau\ peristiwa. Dalam penelitian ini sikap akan difokuskan bagaimana seseorang merasakan atas pekerjaan, kelompok kerja, penyedia dan organisasi.
4. Minat (interest)
Minat (interest) adalah sikap yang membuat orang senang akan objek situasi atau ide – ide tertentu. Hal ini diikuti oleh perasaan senang dan kecenderungan untuk mencari objek yang disenangi itu. Pola – pola minat seseorang merupakan salah satu faktor yang menentukan kesesuaian orang dengan pekerjaannya. Minat orang terhadap jenis pekerjaanpun berbeda-beda ( Moh. As’ad, 2004 ).
            Karakteristik individu bisa berpengaruh pada kinerja karyawan, dan juga bisa berpengaruh terhadap lingkungan tempat mereka bekerja, karena bila lingkungannya di jaga dengan secara maksimal maka kinerja karyawan juga akan bekerja  secara optimal. Dan yang menjadi tujuan perusahaanpun akan tercapai dengan baik, .lingkungan kerja merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar karyawan dan dapat mempengaruhi karyawan dalam menjalankan tugas-tugas yang dibebankan. Menurut (Mardiana, 2005), lingkungan kerja merupakan tempat karyawan melakukan pekerjaannya sehari-hari.
            Kondisi lingkungan kerja yang tidak baik akan mengurangi  kecintaan terhadap pekerjaan, maka harus di perhatikan pula mulai dari kamar mandi, tempat ibadah, dan jasa kesehatan, keamanan bagi karyawan serta peraturan kondisi kerja yang baik, kemudian tidak lupa hubungan baik antar karyawan, sehingga membuat tempat kerja menjadi nyaman dan harmonis.

1 komentar:

  1. Gimana ya...caranya saya bisa mendapatkan Bahan Buat Nyusun Skripsi Sesuai Judul Di atas....
    Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan.....
    Mas sugih adakah yang lengkapnya....?tanks
    Tolong Kabari saya Di email di Bawah ini :

    Email : n_hasan_83@yahoo.co.id

    BalasHapus